Di lingkungan sekolah, pengelolaan sampah membutuhkan perhatian yang serius. Dengan komposisi Sebagian besar penghuninya adalah siswa, tidak menutup kemungkinan pengelolaannya pun belum optimal. Namun hal tersebut juga bisa dipakai sebagai media pembelajaran bagi siswa. Salah satu parameter sekolah yang baik adalah berwawasan lingkungan.

Penanaman Pendidikan karakter melalui sekolah adiwiyata bertujuan membentuk budaya disiplin sejak dini. Hal tersebut sangat efektif dilakukan untuk menyelamatkan bumi dalam jangka Panjang dan menciptakan sekolah sehat dalam jangka pendek. Sekolah adiwiyata membentuk sekolah sehat dan generasi sehat. Dengan generasi yang sehat akan tercapai tujuan pembentukan generasi emas yang dicita-citakan akan terwujud.

Untuk mendukung Program Adiwiyata SMP Negeri 1 Probolinggo membentuk Kader Adiwiyata ini berangotakan para siswa yang mampu mengajak siswa yang lain untuk menjaga sekolah tetap bersih dan mampu berinovasi dalam menjaga lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah yang bersih merupakan faktor pendukung pembelajaran yang menyenangkan.

Pada hari Rabu, tanggal 26 juli 2023, Kader Adiwiyata Bersama dengan beberapa guru pendamping melaksanakan kegiatan study lingkungan di Eco Green Park Kota Batu dengan dipandu petugas Eco Green Park, anak-anak belajar mengolah sampah antara lain : mengumpulkan sampah spesifik (lampu, baterai), membuat kompos daun, memilah sampah, dan membuat daur ulang sampah kertas, selain itu Kader Adiwiyata juga melaksanakan 3R (reuse, reduce, dan recyle). Kegiatan tersebut menunjukkan karakter kepedulian siswa terhadap lingkungan yang sudah tertanam dalam diri mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *