Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 371/M/2021 tentang Program Sekolah Penggerak, disebutkan bahwa struktur kurikulum pada Sekolah Penggerak terbagi menjadi dua, yaitu pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Secara muatan, pembelajaran intrakurikuler mengacu pada capaian pembelajaran dan projek profil mengacu pada capaian profil pelajar Pancasila.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang mengajak peserta didik “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Terdapat enam dimensi kunci profil pelajar Pancasila yang dapat dikuatkan dalam projek. Enam dimensi tersebut adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.

SMP Negeri 1 Probolinggo yang merupakan salah satu Sekolah Penggerak angkatan pertama di Indonesia, pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 akan melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam dua tema, yaitu Tema Kewirausahaan dan Tema Bhineka Tunggal Ika. Projek tema kewirausahaan dan bhineka tunggal ika berfokus pada penguatan profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, gotong-royong, bernalar kritis dan kreatif.

Dengan projek penguatan profil pelajar Pancasila ini, diharapkan peserta didik SMP Negeri 1 Probolinggo akan tumbuh menjadi pelajar Indonesia yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila agar tercapai Visi Pendidikan Indonesia yaitu Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.  Sehingga nantinya peserta didik SMP Negeri 1 Probolinggo siap menghadapi tantangan di Abad ke-21 dan masa revolusi industri 4.0.

Sebagai puncak kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila ini, dilaksanakan pameran projek sebagai ajang unjuk kreasi peserta didik pada ema Kewirausahaan dan Tema Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan ini dilaksakan pada hari Jumat tanggal 24 Juni 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo yang diwakili oleh Sekretasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo, Kepala Sekolah SD dan SMP di sekitar sekolah SMP Negeri 1 Probolinggo, wali murid kelas 7, dan peserta didik SMP Negeri 1 Probolinggo.

Kegiatan ini berlangsung meriah dengan tampilan siswa-siswi SMP Negeri 1 Probolinggo, antara lain paduan suara, menyanyikan lagu Pelajar Pancasila, senam irama dengan iringan lagu daerah di Indonesia, dsb. selain itu, ada pameran bazar wirausaha olahan bunga telang yang merupakan produk unggulan SMP Negeri 1 Probolinggo, Madding Keanekaragaman Hayati di wilayah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.