PAMERAN HASIL KARYA

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

SMP NEGERI 1 PROBOLINGGO

TAHUN AJARAN 2021/2022

TEMA    :               Gaya Hidup Berkelanjutan

TOPIK    :               Budidaya Dan Pengolahan Bunga Telang

Perubahan iklim global merupakan permasalahan dunia yang sangat penting untuk diperhatikan. Dikutip dari www.menlhk.go.id, yang menyebutkan temuan IPCC (Intergovernmental Panel Climate Change) bahwa perubahan iklim telah berdampak pada ekosistem dan manusia di seluruh bagian benua dan samudera di dunia.

Pemanasan global, tingginya tingkat polusi dan turunnya kadar air tanah tentu akan memberikan dampak yang besar untuk kehidupan dunia selanjutnya. Oleh karena itu, perlu ditemukan dan dilaksanakan solusi untuk mengantisipasi hal tersebut.

SMP Negeri 1 Probolinggo melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila mengajak peserta didik sebagai generasi muda untuk berkontribusi mencari solusi dari permasalahan tersebut  yaitu dengan cara menumbuhkan gaya hidup berkelanjutan berupa menanam tanaman.

Tanaman yang ditanam dan dibudidaya oleh peserta didik dalam projek ini adalah tanaman yang merupakan salah satu keunggulan di SMP Negeri 1 Probolinggo, yaitu bunga telang.

Tanaman bunga telang memiliki karakteristik mudah untuk ditanam, tidak membutuhkan tempat yang luas serta memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan (meningkatkan Kesehatan mata, meredakan asma, mengatasi diabetes, dll)

Dengan projek ini, peserta didik SMP Negeri 1 Probolinggo diharapkan memiliki profil pelajar Pancasila dengan dimensi beriman, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, mandiri dan kreatif.

Untuk menumbuhkan dimensi beriman, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, peserta didik diajak untuk memiliki akhlak terhadap alam atau peduli dengan alam sekitar.

Melalui projek yang dilaksanakan secara individu di rumah ini, diharapkan pada diri peserta didik juga tumbuh dimensi mandiri, yaitu berupa sikap tanggung jawab untuk menyelesaikan projeknya dari awal hingga akhir

Untuk menumbuhkan dimensi kreatif, peserta didik juga diajak untuk berkreasi mengolah hasil tanaman. Bunga telang yang telah dipanen diolah menjadi minuman polang boba (pokak telang boba).

Dengan kegiatan berkreasi ini diharapkan dalam diri peserta didik tumbuh kreatifitas untuk selalu berkreasi dengan bahan yang dimiliki/ada di sekitarnya.

Seluruh proses kegiatan projek dideskripsikan dalam tiga Bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa.

Projek SMP Negeri 1 Probolinggo dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan serta Topik Budidaya dan Pengolahan Bunga Telang ini merupakan kolaborasi dari seluruh mata pelajaran pada Program Sekolah Penggerak. Seluruh mata pelajaran berkontribusi menjadi satu proses rangkaian projek.

Diawali dengan mata pelajaran Bimbingan Konseling materi tanggung jawab, kemudian dilanjutkan dengan mata pelajaran IPS materi budidaya tanaman, dan mata pelajaran informatika yang menggambarkan bunga telang dalam bentuk poster. Pada mata pelajaran IPA, peserta didik memahami langkah-langkah ilmiah dalam menanam, dan pada mata pelajaran PKN, peserta didik mendapatkan materi norma dan aturan dalam menanam, serta pada mata pelajaran Pendidikan Agama peserta didik mendapatkan materi akhlak terhadap alam.

Pada mata pelajaran Prakarya, peserta didik mendapatkan materi pengolahan hasil tanaman dan dilanjutkan mata pelajaran PJOK dengan materi makanan/minuman sehat serta mata pelajaran matematika untuk materi perbandingan resep dalam pengolahan makanan/minuman sehat tersebut. Di akhir projek, peserta didik mendapatkan materi label kemasan pada mata pelajaran Seni Budaya sebagai persiapan untuk tema selanjutnya (Pengemasan dan Pemasaran Olahan Bunga Telang)

Seluruh proses kegiatan projek dari awal hingga akhir dideskripsikan dalam tiga Bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa.

Informasi paparan Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada : www.youtube.com/ watch?v=CRdV2gtIv-o 

https://www.facebook.com/SmpNegeri1Probolinggo/posts/4929333413785068

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *